Tips Perpanjang Daya Hidup Baterai Laptop

Baterai bukan hanya bagian terpenting pada smartphone dan tablet, namun juga pada perangkat lain seperti laptop atau komputer jinjing. Mengingat saat ini, banyak laptop yang telah meningkatkan kinerjanya agar lebih tangguh.
Peningkatan pada laptop tersebut meliputi pada peningkatan mikroprosesor, grafis yang lebih tajam, dan storage yang lebih luas. Laptop saat ini juga lebih efisien dari laptop sebelumnya. Dengan peningkatan tersebut, terutama grafis, tentu akan menguras banyak daya baterai, sehingga Anda perlu untuk menghemat daya baterai.
Berikut ini tips memperpanjang daya hidup baterai laptop, 
sebagaimana dilansir DigitalTrends,Selasa (5/5/2015).
Aktifkan mode power saver
Hampir setiap laptop memiliki beberapa jenis mode power saver (hemat daya). Dengan mengaktifkan mode power saver, secara otomatis meningkatkan efisiensi baterai komputer dengan penyesuaian kecil seperti meredupkan monitor dan setting quicker sleep timer.
Eject disk yang tidak digunakan
Jika laptop Anda memiliki drive disk, ingatlah, baterai laptop akan cepat terkuras saat 
diskberputar. Tentu saja, baterai laptop Anda akan bertahan lebih lama bila menggunakan 
program yang membutuhkan respon hardware yang tidak berat.
Disconnect perangkat
Perangkat yang dicolokkan ke dalam port berpotensi menguras daya, jadi disarankan untuk menggunakan touchpad pada notebook ketimbang menggunakan mouse eksternal. Tak hanya itu, layaknya smartphone, koneksi WiFi dan Bluetooth juga dapat menjadi pemicu penguras baterai.
Tutup semua aplikasi background
Mungkin Anda tidak menyadari betapa banyak power yang dibutuhkan saat menggunakan aplikasi berjalan pada saat yang sama. Sebaiknya, tutup aplikasi yang berjalan padabackground dan menguras baterai.
Instal baterai yang Lebih Besar
Beberapa baterai komputer memiliki ruang untuk baterai yang lebih besar. Misalnya, laptop yang lebih lama biasanya memiliki baterai 6-cell dapat memberikan hingga empat jam daya tahan baterai, tapi tergantung pada aplikasi yang sedang digunakan. Jika pengguna ingin memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, Anda dapat membeli baterai berkapasitas 8 atau 12-cell.

0 comments:

Post a Comment