Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung Tertinggi di Dunia - Berbicara gedung yang memiliki panorama yang sangat menakjubkan akan ketinggian maupun arsitekturnya yang ada di berbagai belahan dunia memang sangat banyak sekali. Baik yang memiliki ketinggian yang sangat maupun bangunananya yang begitu megah.

1.Taipei 101
 
Gedung ini terletak di Taipei, Taiwan. Ketinggian dari gedung ini adalah 509 m dengan jumlah lantainya sebanyak 101. Gedung ini dibuka pada tanggal 31 Desember 2004. Gedung ini adalah salah satu gedung tertingi yang memiliki pencakar langit dan paling maju yang telah dibuat hingga sampai sekarang. Gedung ini masuk dalam jajaran gedung tertinggi di dunia karena memiliki fiber optik dan penghubung internet satelit yang kapasitasnya mencapai 1 GB per detik nya. Keunggulan lain yang menjadikannya masuk dalam 10 gedung tertinggi di dunia, karena dilantai 88, terdapat pendulum yang beratnya mencapai 800 ton, yang berfungsi sebagai penyetabilan goyangan akibat gempa bumi, gaya geser maupun angin topan.

2.International Commerce Centre

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 484 m dan terletak di West Kowloon, Hong Kong. ICC Tower adalah proyek yang dibangun oleh Union square atas izin Kowloon Station. Gedung ini adalah gedung tertinggi di dunia yang kelima yang dikembangkan oleh Sun Hung Kai Properties dan MTR Corporation Limited.

3.Burj Khalifa

Pada awal pembukaannya, gedung burj khalifa ini adalah bangunan tertinggi dari gedung apapun yang ada di dunia. Gedung ini berada Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung ini memiliki ketinggian yang sangat dan menggeser dari posisi Taipei 101 yang merupakan gedung tertinggi tahun 2007. Begitu pula menggeser menara KVLY-TV di Blanchard, Amerika Serikat. Gedung Burj Khalifa ini dibuat tahun 2004 dan memiliki ketinggian 828 m. Didalam gedung ini dibuat dengan jumlah lantai sebanyak 160 lantai dan lantai teratas adalah 6 .213 m

4. Abraj Al-Bait

Gedung ini terletak di Mekah, Saudi Arabia. Tinggi dari gedung ini 601 m dan memiliki jumlah lantai sebanyak 120 lantai. Gedung ini dibuat pada tahun 2004-2012. Gedung ini dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower atau tower Abraj Al-Bait. Yang menarik dari bangunan ini adalah letaknya yang ada di pintu selatan dari Masjidil Haram. Di gedung ini terdapat 7 menara dan 1 diantaranya memiliki ketinggan 601 m dari 6 menara lainnya. Menara tersebut bernama Hotel Tower.

5.Jin Mao Building

Gedung ini terletak di Shanghai, China. Memiliki ketinggian mencapai 420,5 m. gedung ini berisikan hotel dan kantor Shanghai Hyatt. Sampai 2007, bangunan ini adalah bangunan tertinggi kelima di dunia dan juga masuk dalam 10 gedung tertinggi di dunia.

6.Two International Finance Centre

Gedung ini terletak di Hong kong dengan ketinggiannya 415 m. gedung ini adalah pengembangan dari komersial terpadu yang ada di Distrik pusat tepi Hong Kong. IFC adalah tower dengan bangunanya menjadi bangunan tertinnggi yang ke dua di Hong Kong. Ketinggian dari IFC sama dengan ketinggian dari World Trade center. Akan tetapi center ini sudah lama runtuh.

7.Zifeng Tower 

Gedung ini berada di Nanjing, China, dengan memiliki ketinggian mencapai 450 m dan jumlah lantai sebanyak 89. Gedung ini selesai di bangun tahun 2009. Gedung ini dikenal nama menara Greenland Persegi Zifeng atau Zifeng Tower. Didalamnya terdiri ruang ritel, kantor bawah tanah, hotel dan restoran, dan observatorium public yang dekat dengan bagian atas menara.

0 comments:

Post a Comment